Headlines News :

Manfaat Ekstrak Kulit Manggis Bagi Perokok

Gmb. diambil dari sehat-tips.com
Sebagian besar penyakit degeneratif disebabkan oleh radikal bebas, seperti penyakit asam urat tinggi, kolesterol tinggi, tekanan darah tinggi, gangguan jantung dan bebrapa penyakit lainnya. Radikal bebas adalah bahan kimia berupa atom atau molekul yang kehilangan elektron sehingga tidak stabil dan selalu berusaha mengambil elektron dari molekul lain yang sudah stabil. Ia dapat dihasilkan dari metabolisme tubuh sendiri, bisa pula lewatfaktor eksternal seperti lingkungan. Ada beberapa sumber yang dapat meningkatkan radikal bebas, misalnya logam tertentu (seperti besi), polusi, obat tertentu, racun, highly processed foods, bahan tambahan makanan, sinar ultraviolet, radiasi dan ASAP ROKOK. 

Bagi anda yang perokok perlu berhati-hati. 

Oksidan dalam rokok punya jumlah yang cukup untuk memainkan peran yang besar dalam terjadinya kerusakan saluran napas. Diduga, tiap isapan rokok punya bahan oksidan berjumlah sangat besar, yang meliputi aldehida, epoksida, peroksida, dan radikal bebas lain yang mungkin cukup berumur panjang dan bertahan lama sehingga menyebabkan kerusakan alveoli-salah satu saluran napas. Bahan lain seperti nitrit oksida, radikal peroksit, dan radikal yang mengandung karbon ada dalam fase gas. Juga ada yang mengandung radikal lain yang relatif stabil dalam fase tar. Contoh radikal dalam fase tar adalah semiquinone moieties, yang dihasilkan bermacam-macam quinone dan hydroquinone.

Perdarahan kecil yang berulang-ulang sangat mungkin membuat disposisi besi dalam paru perokok. Besi dalam bentuk itu membentuk radikal hidroksil dari hidrogen peroksida yang bersifat bisa mematikan. Juga ditemukan bahwa perokok mengalami peningkatan netrofil dalam saluran napas bawahnya, yang punya kontribusi pada peningkatan lebih lanjut konsentrasi radikal bebas bersifat kronis. Dibutuhkan waktu bertahun-tahun bagi penyakit itu untuk nyata dan disadari penderitanya. Itulah sebabnya para perokok merasa tak pernah mendapatkan penyakit apa-apa dari rokok. Meski demikian, dalam hal ini para perokok dianjurkan untuk rajin-rajin mengkonsumsi antioksidan. Apa contoh antioksidan itu? Salah satunya, yang terbukti keampuhannya, adalah Xanthone yang terdapat dalam kulit buah manggis. Xanthone dikenal sebagai antioksidan tingkat tinggi dan bahan aktif yang stabil dalam keadaan panas atau dingin. Kadar antioksidan kulit manggis 17.000-20.000 orac per 100 ounce. Padahal, bahan lain beroksidan tinggi, seperti wortel dan jeruk, hanya 300 dan 2.400 orac. ORAC (oxygen radical obsorbance capasity) adalah kemampuan antioksidan mentralkan radikal bebas penyebab penyakit.

Bila ingin mendapatkan informasi lebih lengkap lagi tentang khasiat manggis tersebut, bisa membaca buku-buku yang membahas tentang khasiat kulit manggis yang banyak terdapat di toko-toko buku atau langsung saja searching di Mbah Google. Tapi, apakah untuk mendapatkan xanthone itu kita perlu mengimpornya dari luar negeri atau menggiling kulit manggis sendiri? Tidak...

Sekarang, sudah banyak dijual dipasaran berbagai produk olahan kulit manggis baik yang berupa kapsul maupun berupa jus dan ingin membuat sendiri juga sangat mudah. Selamat mencoba dan raih kesehatan demi keluarga, teman serta saudara...karena menjaga kesehatan penting dalam menjalani kehidupan...

Meskipun sekarang sudah diketahui bahwa ekstrak kulit manggis sangat baik buat para perokok dan sangat mudah didapatkan, bukan berarti  tidak perlu untuk mengurangi, menghindari atau menghentikan bahaya rokok. Satu pertanyaan yang selama ini sering mencul dalam benak penulis, apakah merokok itu halalan toyyiban...? Karena dalam Al-Qur'an telah dijelaskan dalam QS. Al-Baqarah, ayat 168, yang artinya:

"Wahai sekalian manusia! Makanlah dari apa yang ada di bumi yang halal lagi baik, dan janganlah kamu ikut jejak langkah Syaitan; karena sesungguhnya Syaitan itu ialah musuh yang terang nyata bagi kamu."

Yang menarik dari ayat diatas adalah tentang konsep makanan halal yang disebut didalamnya ialah kata sifat "toyyib" yang mengekorinya. Toyyib (atau toyyibah; toyyibat atau tuuba sebagai jamak) dari segi makna ialah sesuatu yang baik atau elok yang berlawanan dengan yang buruk. Jadi apabila disebut "halalan toyyiban" ia memberi maksud sesuatu yang halal yang bersifat baik atau elok.

Terus terang disini penulis tidak berani mengatakan apakah merokok itu haram tapi lebih menanyakan apakah merokok itu baik atau toyyib?

Karena salah satu ciri sesuatu kegiatan atau pekerjaan yang baik adalah bila dalam memulainya cocok dengan mengucapkan "basmallah" dan mengakhirinya dengan mengucapkan "hamdallah".

Rasanya penulis sampai sekarang belum pernah mendengar atau melihat dengan mata kepala sendiri ketika seseorang dari mulai menyalakan api dan menyulut rokok mengucapkan basmallah dan ketika mengakhirinya mengucapkan hamdallah. Wallahu'alam bishowab...

Wassalam...

Link Produk Untuk Order:

Kapsul Ekstrak Kulit Manggis
Teh Celup Kulit Manggis
Xamthone + Jus Kulit Manggis
Share this article :

0 comments:

Speak up your mind

Tell us what you're thinking... !

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. Budidaya Jamur Tiram - All Rights Reserved
Template Modification by Kang Icong Published by Icong Online
Proudly powered by Blogger