Headlines News :
Home » , , , » Tricoderma Bermanfaat Untuk Pertanian

Tricoderma Bermanfaat Untuk Pertanian

Tricoderma atau buto ijo (gak tahu siapa yang memulai istilah ini dikalangan pembudidaya jamur tiram) yang oleh para pembudidaya jamur tiram menjadi musuh utama dalam proses penyiapan media tanam (baglog) ternyata mempunyai manfaat yang besar untuk kesuburan tanah dan mempercepat proses pengkomposan pada lahan pertanian serta mencegah tumbuhnya jamur-jamur parasit pada tanaman.

Trichoderma adalah jamur tanah yang mampu untuk menyuburkan tanah …. karena salah satu fungsi nya dapat dipakai sebagai pengurai bahan organik ( decomposer ).

Trichoderma mudah ditemui di lapisan tanah paling atas. Jamur inipun organik dan bersifat antagonis terhadap jamur parasit yaitu : jamur Fusarium (membuat tanaman menjadi layu), jamur Pythophora (menyebabkan penyakit busuk daun) dan jamur Phytium (menyebabkan penyakit busuk kecambah dan busuk akar), dengan cara mengeluarkan racun (toksin) untuk membunuh jamur – jamur yang merugikan tersebut. Sehingga Trichoderma bisa dikatakan bisa berfungsi sebagai pestisida alami.

Sebagai Decomposer jamur Trichoderma dapat dibiakkan dalam media organik berupa beras, jagung, dedak, jerami, kompos dan pupuk kandang.

Adapun cara mengolahnya : dengan media beras, beras mula -mula di rendam selama 10 menit lalu di kukus hingga masak dan dipindahkan ke plastik yang tahan panas sebelum dikukus kembali. Selanjutnya baru bibit jamur di simpan dalam media beras selama seminggu. Dapat juga jamur Trichoderma di jadikan pupuk kompos yaitu dengan menambahkannya di media jerami, rumput, dedaunan dan serbuk kayu.

Anda penasaran....silakan dapat dicoba dilahan pertanian anda.... selamat mencoba !!!

Sumber: Wikipedia, BPPT, Kompas
Share this article :

0 comments:

Speak up your mind

Tell us what you're thinking... !

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. Budidaya Jamur Tiram - All Rights Reserved
Template Modification by Kang Icong Published by Icong Online
Proudly powered by Blogger