Headlines News :
Home » , » Pertumbuhan Miselium Jamur Tiram

Pertumbuhan Miselium Jamur Tiram

Dengan adanya nutrisi yang cukup akan membuat miselium cepat berkembang. Dari beberapa literatur, untuk daerah berhawa dingin bisa digunakan kandungan nutrisi sampai 20% dan untuk daerah berhawa panas maksimal sampai 15%. Hal ini untuk meminimalisasi terjadinya kontaminasi karena faktor suhu. Dalam hal ini, miselium akan memenuhi media tanam dengan menggunakan nutrisi yang tersedia. Yang sering disebut sebagai proses inkubasi. Ketika beberapa nutrisi digunakan atau ketika terjadi perubahan cuaca, miselium akan mencapai sebuah fase lebih lanjut, yaitu tahap reproduksi. Suhu sekitar 28°C adalah optimal untuk pertumbuhan bibit dari sebagian besar jenis jamur khususnya jamur tiram.

Lingkungan juga dapat meningkatkan pertumbuhan miselium yang diinginkan: CO2 konsentrasi tinggi sangat menguntungkan untuk pertumbuhan miselium (tetapi tidak untuk fase produksi jamur nantinya).

Media tanam akan dipenuhi oleh miselium dan akan tersebar pada media tanam yang sesuai dengan baik. Kemudian media tanam yang sudah penuh dengan miselium digunakan dalam menumbuhkan jamur. Setelah media tanam penuh dengan miselium, miselium ini mampu menghasilkan tubuh buah. Jumlah dan kualitas tubuh buah akan tergantung pada lingkungan, perawatan dan mungkin kualitas bibitnya (untuk hal ini perlu pengkajian lebih lanjut).

Faktor kunci untuk menumbuhkan tubuh buah adalah:

1. Perubahan suhu
2. Tinggi kelembaban
3. Nutrisi yang cukup
4. CO2 konsentrasi di udara
5. Lampu
6. Fisik shock
Share this article :

0 comments:

Speak up your mind

Tell us what you're thinking... !

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. Budidaya Jamur Tiram - All Rights Reserved
Template Modification by Kang Icong Published by Icong Online
Proudly powered by Blogger