Headlines News :
Home » , » Tips Membeli Mobil Baru

Tips Membeli Mobil Baru

Mobil baru kini bukan lagi menjadi barang mewah bagi masyarakat Indonesia. Hal ini bukan sekadar karena taraf ekonomi dan kesejahteraan masyarakat Indonesia yang semakin baik. Sehingga mereka yang mampu membeli mobil baru menjadi lebih banyak. Di sisi lain, ada banyak pula cara yang memfasilitasi konsumen mobil baru untuk membeli dan memiliki mobil idaman mereka secara cepat dan murah. Seperti dengan adanya fasilitas kredit, baik yang disediakan oleh lembaga pembiayaan maupun kredit kepemilikan mobil yang disediakan oleh pihak perbankan.
Dengan berbagai kemudahan ini, maka semua orang memiliki kesempatan yang sama untuk membeli mobil baru. Termasuk bagi mereka yang membutuhkan mobil baru, namun tidak memiliki uang yang cukup untuk membayar harga mobil tersebut. Syarat yang dibutuhkan pun tidak terlalu sulit, di samping waktu yang diperlukan pun tidak terlalu lama agar proses pengajuan kredit kepemilikan mobil tersebut bisa
diselesaikan. Di sisi lain, bagi mereka yang membutuhkan mobil baru, namun tidak ingin direpotkan dengan berbagai masalah seperti pajak kendaraan atau perawatan pun, ada solusi yang ditawarkan. Salah satunya dengan menggunakan jasa rental atau sewa kendaraan. Hal ini sangat memudahkan bagi mereka yang tidak memiliki waktu banyak, namun membutuhkan kendaraan sebagai penunjang aktivitas mereka. Sistem sewa seperti ini kini mulai diminati oleh sebagian kalangan. Sebab, jika dihitung dari nilai ekonomis, nilai yang dikeluarkan untuk membeli sebuah mobil baru dengan biaya sewa per bulan, tidak terlalu jauh berbeda. Bahkan ada beberapa kelebihan yang bisa dinikmati oleh konsumen yang memilih sistem sewa
mobil guna menunjang aktivitas mereka.
Beberapa kelebihan yang bisa didapatkan dari sistem sewa mobil ini diantaranya adalah :
  1. Konsumen tidak akan direpotkan dengan masalah oprasional kendaraan. Seperti   perawatan rutin, penggantian suku cadang kendaraan dan juga masalah pajak kendaraan.
  2. Konsumen akan selalu mendapatkan mobil dalam kondisi prima. Sebab, jika mobil   mengalami masalah selama masa kontrak, pihak jasa sewa mobil harus bisa menyediakan mobil pengganti yang sejenis selama mobil diperbaiki.
  3. Konsumen tidak memikirkan resiko terjadinya masalah atas mobil yang digunakan.   Seperti jika terjadi kecelakaan, pencurian atau masalah, maka itu sudah   menjadi tanggungan dari pihak penyedia jasa rental mobil.
  4. Konsumen bisa memilih mobil apapun sesuai dengan selera yang diinginkan dan menukarkannya bila tidak sesuai dengan selera. Hal inilah yang membedakan jika  kita membeli mobil baru. Karena, mobil yang sudah dibeli tidak akan bisa ditukarkan jika tidak sesuai dengan keinginan kita.
  
Berbagai Tipe Mobil
Di Indonesia, terdapat beragam tipe mobil yang beredar di tengah masyarakat. Mulai dari mobil yang berjenis biasa hingga mobil yang jumlahnya sangat terbatas beredar di Indonesia. Beberapa jenis mobil yang banyak ditemui di tengah masyarakat diantaranya adalah :
Mobil Van
Jenis mobil ini merupakan mobil yang hanya dikhususkan untuk mengangkut manusia, merupakan salah satu jenis mobil yang banyak disukai oleh masyarakat Indonesia yang biasanya memiliki jumlah keluarga banyak. Sehingga dengan menggunakan mobil jenis ini, bisa digunakan untuk mengangkut seluruh anggota keluarga mereka.
Mobil Sport
Mobil jenis ini cenderung dimiliki oleh mereka yang berasal dari keluarga menengah ke atas. Sebab, mobil ini didesain tidak untuk mengangkut banyak penumpang dan juga memiliki kapasitas mesin yang lebih besar. Sehingga, dalam konsumsi bahan bakar pun cenderung lebih boros, sehingga nilai ekonomisnya pun
menjadi lebih rendah.
Mobil Multi Purpose Van
Mobil beripe MPV ini baru dikenal masyarakat Indonesia mulai tahun 2000an. Mobil ini menggabungkan fungsi dari dua jenis mobil, yaitu mobil niaga dan mobil van. Di tahun 2000an, mobil ini cenderung cukup besar peminatnya, karena bisa dijadikan mobil yang multi fungsi. Sehingga nilai ekonomis yang ditawarkan pun cukup tinggi karena fungsi yang bisa digunakan cukup banyak
   
Mobil Sedan
Mobil ini dianggap sebagai mobil orang kaya. Hal ini karena nilai gengsi yang dimiliki mobil jenis ini cukup tinggi, berdasar dari harga jual mobil jenis sedan. Selain itu, penggunaan mobil jenis ini oleh kalangan pejabat tinggi menjadikan mobil sedan kerap diidentikkan dengan mobil pejabat. Sayangnya, mobil ini kurang mampu menempuh medan yang terjal dan hanya nyaman digunakan pada jalanan yang mulus serta beraspal saja.
   
Mobil Niaga
Mobil ini kerap dianggap sebagai mobil kelas pinggiran, karena hanya digunakan untuk mengangkut barang. Namun, di daerah pedalaman, mobil niaga ini kerap pula digunakan untuk mengangkut manusia mengingat keterbatasan alat transportasi yang ada.
  
Tips Membeli Mobil Baru
Bagi Anda yang ingin membeli mobil baru, ada beberapa tips yang bisa digunakan agar tidak kecewa setelah melakukan pembelian. Beberapa tips tersebut diantaranya adalah :   
  1. Kenali kebutuhan Anda sehingga tidak salah dalam memilih jenis mobil. Jika mobil hendak digunakan untuk mengangkut keluarga yang jumlahnya banyak, akan lebih baik membeli mobil berjenis Van atau MPV daripada mobil sport atau sedan.
  2. Perhatikan medan yang hendak ditempuh. Jika penggunaan mobil berada di kawasan perkotaan, mobil jenis sedan tidak masalah untuk dipilih. Namun, jika medan yang kerap ditempuh berkarakter terjal, ada baiknya mobil berbadan tinggi menjadi pilihan Anda.
  3. Bandingkan harga jual di satu dealer dengan dealer lain. Biasanya ada selisih harga pada masing-masing dealer. Jangan mudah tertipu oleh rayuan hadiah atau kemasan penawaran di masa promo.
  4. Pilihlah mobil yang memiliki harga jual kembali stabil. Hal ini khususnya jika   Anda memiliki orientasi untuk menjual kembali mobil tersebut pada masa yang akan datang.
Share this article :

0 comments:

Speak up your mind

Tell us what you're thinking... !

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. Budidaya Jamur Tiram - All Rights Reserved
Template Modification by Kang Icong Published by Icong Online
Proudly powered by Blogger