Headlines News :
Home » , » Berapa Total Hasil Panen Jamur Tiram???

Berapa Total Hasil Panen Jamur Tiram???

Ya, sebenarnya berapa total hasil panen jamur tiram? Pertanyaan seperti itu seringkali ditanyakan kepada team kami baik oleh investor ataupun peminat yang akan terjun dalam usaha budidaya jamur tiram. Begitu juga kami, hal pertama yang jadi pertanyaan adalah berapa total hasil panen jamur tiram? Kenapa kami pertama kali menanyakan atau memikirkannya?

Karena dengan diketahuinya prediksi total hasil panen jamur tiram maka dapat dihitung pula potensi keuntungan yang akan didapat. Untuk itu, sebelum memulai budidaya, kami cari dengan browsing di internet, bertanya kepada pembudidaya yang sudah ada dan bisa juga dengan mengikuti pelatihan-pelatihan budidaya jamur tiram (ini tidak kami lakukan...hehehehe). Dari hasil tersebut, ketemu pendapat yang berbeda-beda bahkan ada yang menyebutkan kalau hasil total panen jamur tiram adalah seberat media tanamnya (baglog). Artinya bila berat baglog 1 kg maka akan menghasilkan jamur1 kg pula...wuihhh...muantab bro...!!! Tapi ini adalah suatu kebohongan besar karena tidak mungkin panen jamur bisa seberat media tanamnya. Dengan harga baglog maksimal Rp 2.000,- (1.5 kg) dan harga jual jamur ditingkat petani yang Rp 6.000,- kalau dihitung-hitung maka hasilnya sebsar 300% dalam 4 bulan...!!!! Suatu hasil yang luar biasa dan menakjubkan karena pada umumnya hasil untuk agrobisnis sebesar 30% adalah angka yang wajar.

Akhirnya kami menemukan referensi yang cukup bisa dipercaya dari FAO yang sudah berpengalaman dan telah melakukan penelitihan dalam budidaya jamur tiram Dan hasil yang mereka peroleh berkisar 30 - 45 % tergantung dari perawatan dan lokasi budidayanya. Disamping itu juga, kebetulan ada saudara dari teman sekerja yang telah melakukan budidaya jamur tiram di daerah Sukabumi - Jawa barat juga mengatakan hasilnya berkisar 35 - 45 %. Hmmmm...tidak begitu jauh dari penelitihan yang dilakukan oleh FAO. berangkat dari hasil tersebut maka kami beranikan untuk memulai usaha budidaya jamur tiram di daerah Purwakarta - Jawa Barat yang telah kami mulai dari tanggal 15 Januari 2010.

Singkat cerita, sampai saat ini 13 Mei 2010 dimana selama proses budidaya kami lakukan pencatatan hasil panen ternyata sudah mencapai angka 30%. Dan masih ada waktu 18 hari lagi untuk panen dan kemudian baglog tersebut diganti dengan yang baru. Artinya hasil yang kami peroleh ternyata tidak begitu jauh dari hasil FAO dan petani di daerah Sukabumi meskipun suhu udara di Purwakarta relatif lebih tinggi bila dibandingkan dengan suhu udara di Sukabumi. Bahkan ketika kami ceritakan kepada para petani di Sukabumi, mereka surprise bahwa jamur tiram bisa memperoleh hasil yang bagus di Purwakarta. Perlu diketahui, suhu udara di Purwakarta rata-rata 28 derajat C dan bisa mencapai 32 derajat C pada puncak panasnya. Jadi budidaya jamur tiram bisa juga dilakukan didataran rendah dengan suhu yang cukup tinggi asal perawatan dan pemeliharaannya diperhatikan.

Dengan hasil yang kami peroleh, dapat disimpulkan bahwa hasil panen jamur tiram adalah sebesar 30 - 45 % seperti penelitihan yang dilakukan oleh FAO. Saat ini kami memang belum bisa mecapa angka 45 % tapi suatu saat dengan ketekunan dan semangat untuk terus belajar akan tecapai angka tersebut bahkan mungkin bisa lebih...hehehehe. Mungkin ada rekan-rekan yang sudah bisa memperoleh hasil lebih dari yang kami lakukan bisa sumbang saran kepada kami.

Dengan adanya hasil tersebut, kami merencanakan untuk menambah produksi menjadi 15.000 baglog dari sebelumnya 5.000 baglog. Dan yang lebih membuat kami bersemangat lagi, semua persiapan dari mulai pembuatan bibit F0 sampai menjadi baglog yang siap panen kami buat sendiri. Hal ini untuk mengurangi biaya produksi dan meningkatkan hasilnya...Insya Allah...mohon do'anya saja...
Share this article :

1 comment:

  1. ko kebanyakan (hhehe) nya bnran ngga tuh'jdi nggan deh dengan crita mu itu.
    "ceritanya kaya dongeng nya banyak (hehe) nya

    ReplyDelete

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. Budidaya Jamur Tiram - All Rights Reserved
Template Modification by Kang Icong Published by Icong Online
Proudly powered by Blogger