Headlines News :

Jebakan Tikus Kreatif Ala Petani Jamur

sumber gmb.: nurfitrianti-23.blogspot.com
Ini sebuah kreatifitas unik petani jamur dari Pati dalam usahanya mengusir hama tikus. Berangkat dari serangan tikus terhadap kumbung dan tikus sebagai ham utama dalam budidaya jamur tiram, bukan hanya terhadap bibit yang sedang di inokulasi tetapi juga mengacak-acak lognya juga.

Berbagai cara pun dilakukan untuk menggusur pengerat itu. Mulai dari cara gropyokan, mengasapi lubang
tikus, sampai cara konvensional dengan jebakan atau pun racun. Sayang, tikus bak gugur satu tumbuh seribu. Semakin diberantas, semakin merajalela. Tinggallah petani gigit jari dirundung hutang.

Ada cara sederhana dengan memanfaatkan makhluk yang kerap terlupakan: semut.

Muncullah sebuah ide kreatif mengatasi hama tikus secara alami dengan memanfaatkan semut sebagai pengusir tikus. Dengan cara sederhana, yaitu mengerahkan semut yang tak pernah menyia-nyiakan setitikpun makanan itu untuk menyerang kawanan tikus. Tak cuma tikus dewasa, bayi-bayi tikus yang mestinya aman dalam liangpun menjadi target buruan semut.

"Tikus dewasa bisa lari menyingkir, tapi yang terlalu muda akan menjadi mangsa semut"

Dengan menggunakan jebakan berupa bumbung bambu. Mula-mula dengan memasukkan 100 gram tapioka ke dalam 1 lter air lalu panaskan di atas api hingga mendidih sambil di aduk aduk. Berikutnya 200 gram gula kelapa / gula jawa dimasukkan lalu diaduk rata. Setelah mendidih, sisakan air ± 500 ml, angkat dari perapian dan biarkan mendingin. Selanjutnya belah bumbung bambu seukuran tubuh tikus dewasa kira-kira sepanjang 25—30 cm dan bergaris tengah 4—6 cm.

Kemudian oleskan jenang yang luar biasa lengket itu ke sisi dalam bumbung lalu satukan kembali kedua belahan bumbung dengan kawat atau tali. Di tengah-tengah bumbung letakkan pemikat beraroma menyengat yang digemari tikus, seperti ikan asin atau dengan biskuit racun tikus dll. Tikus yang tertarik akan memaksa masuk bumbung sehingga tubuhnya berlumur jenang. Saat ia kembali ke liang, jejak jenang itu membawa semut ke liang. Dalam kurun ± seminggu, tikus pun hengkang lantaran tidak tahan serangan semut.

Selamat mencoba...

Kalau tidak mau repot-repot menyiapkan segala macam peralatannya, bisa juga digunakan cara yang lebih modern dengan menggunakan peralatan electronik pengusir hama tikus. 

Silahkan klik link berikut: Peralatan Electronik Pengusir Hama Tikus

Share this article :

1 comment:

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. Budidaya Jamur Tiram - All Rights Reserved
Template Modification by Kang Icong Published by Icong Online
Proudly powered by Blogger