Headlines News :
Home » , » Pemanfaatan Limbah Baglog Jamur Tiram

Pemanfaatan Limbah Baglog Jamur Tiram

Pearl Oyster Mushroom KitBudidaya Jamur Tiram saat ini mulai banyak dilirik para pelaku usaha/bisnis baik yang berskala kecil sekedar untuk tambah-tambah penghasilan maupun yang berskala besar sebagai industri budidaya jamur tiram. Seiring dengan semakin banyaknya pelaku usaha/bisnis yang terjun, secara tidak langsung juga menimbulkan permasalahan baru dari mengenai limbah budidaya jamur tiram. Terutama limbah baglog jamur tiram yang sudah habis masa tanamnya.

Sepertinya terjadi permasalahan yang berulang mengenai limbah. Padahal budidaya jamur tiram sebenarnya juga memanfaatkan limbah serbuk gergaji tapi setelah limbah tersebut termanfaatkan, muncul limbah baru lagi...capek dehhh...

Maka dalam posting kali ini saya coba untuk memberikan sedikit solusi pemanfaatan limbah jamur tiram terutama pemanfaatan limbah baglog-nya. OK...cukup basa-basinya, langsung ke pokoknya.

Pemanfaatan limbah baglog jamur tiram :

1. Didaur ulang lagi sebagai media baglog, baglog yang sudah selesai/habis masa tanamnya bisa dipakai lagi untuk pembuatan baglog baru meskipun hasil produksi jamur dari baglog tersebut nantinya akan sedikit berkurang (hanya mencapai sekitar 80%-nya)dibanding bila menggunakan serbuk gergaji baru. Tapi dapat mengurangi biaya pembelian serbuk gergaji.

2. Dibuat pupuk kompos, hanya dengan menambahkan EM4 maka sudah bisa dimanfaatkan sebagai pupuk yang bagus untuk tanaman. Dan kalau punya hubungan dengan penjual/distributor pupuk maka bisa sebagai hasil sampingan dari budidaya jamur tiram.

3. Digunakan sebagai bahan bakar dalam proses steamer baglog, kalau tdk mau terlalu repot dan susah-susah maka dibakar saja dan dimanfaatkan sebagai bahan bakar dalam pembuatan baglog. Tinggal dijemur dan setelah kering langsung deh...digunakan.

Demikian sedikit yang bisa saya sharingkan mengenai pemanfaatan limbah baglog jamur tiram. Bila ada rekan-rekan yang mengetahui lebih banyak mengenai pemanfaatan limbah baglog jamur tiram mungkin bisa menambahkan atau membagikan ilmunya pada kami sehingga akan semakin memperkaya ilmu pengetahuan dalam budidaya jamur tiram.

Untuk pemesanan baglog, bibit dan jamur segar silahkan klik disini
Share this article :

3 comments:

  1. saya mau tanya tentang EM4, EM4 itu apa? dan bagaimana pengerjaannya?, terima kasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Em4 itu cairan bakteri pengurai yg biasa digunakan untuk mengurai limbah menjadi kompos...

      Delete
  2. terima kasih, saya akan mencobanya membuat kompos

    ReplyDelete

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. Budidaya Jamur Tiram - All Rights Reserved
Template Modification by Kang Icong Published by Icong Online
Proudly powered by Blogger