Headlines News :
Home » , , » Managemen Waktu Dalam Budidaya Jamur

Managemen Waktu Dalam Budidaya Jamur

Tanpa pernah kita sadari, sering kita meremehkan hal-hal kecil bahkan melupakannya. Dan sekarang, dengan pergerakan dan perubahan yang semakin cepat sehingga membuat waktupun terasa begitu cepatnya berlalu. Hanya sedikit dari kita yang bisa memanfaatkan waktu dengan tepat pada tempat yang tepat pula.

Pemanfaatan waktu yang tepatlah yang membedakan kesuksesan dengan kegagalan. Allah SWT memberi kita waktu yang sama, yaitu 24 jam sehari? Namun, mengapa ada orang yang sukses dan ada orang yang gagal? Jawabannya terletak pada bagaimana mereka memanfaatkan setiap momen/waktu yang ada.

Ketika era informasi juga menjadi begitu penting. Bahkan lebih penting daripada uang itu sendiri, uang yang hilang bisa kembali tapi waktu yang telah berlalu tidak akan pernah kembali. Selain itu, kecepatan arus informasi yang datang dan pergi menuntut kita untuk selalu siap setiap saat.

Sayangnya...walaupun waktu begitu penting, tidak banyak orang yang bisa mengatur waktu dengan baik. Alih-alih mendapatkan efisiensi dan produktivitas yang tinggi, yang hanya membuang setiap kesempatan untuk berkembang.

Hal ini berlaku kepada semua hal, baik itu dalam bidang pendidikan, kesehatan, bisnis, dll. Termasuk juga dalam usaha Budidaya Jamur Tiram, pengaturan waktu ini sangat penting sekali. Karena dalam Budidaya Jamur Tiram mempunyai langkah-langkah yang cukup banyak dan bisa dikatakan cukup rumit juga. Dimana...kapan kita harus membuat bibit F0, bibit F1, bibit F2, media tanam (baglog), pemeliharan, pemasaran, dll. Apalagi kalau dirinci lagi akan kelihatan kerumitannya. Misalnya dalam pembuatan media tanam (baglog), harus ditentukan kapan serbuk gergaji didatangkan, berapa lama waktu Ngelog (memasukkan serbuk gergaji ke plastik), kapan dan berapa lama melakukan sterilisasi, waktu pendinginan, inokulasi, inkubasi sampai miselium memenuhi media dan siap dibudidayakan.

Tapi jika kita bisa mengatur waktu atau istilahnya membuat manajemen yang bagus dengan langkah-langkah yang jelas dan dengan waktu yang tepat, sebenarnya begitu sederhana dan mudah. Kenapa kita sering dibuat rumit? Terutama dengan budaya yang ada di sekitar kita sekarang yaitu cenderung menunda-nunda dan tidak tepat waktu.

Oleh karena itu, kesuksesan bisa datang lebih cepat hanya dengan kita mengelola waktu dengan tepat.
Share this article :

0 comments:

Speak up your mind

Tell us what you're thinking... !

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. Budidaya Jamur Tiram - All Rights Reserved
Template Modification by Kang Icong Published by Icong Online
Proudly powered by Blogger